Skills Wajib Untuk Front End Developer

 

Tahukah Anda jika website yang Anda lihat saat ini dibangun oleh banyak orang di dalamnya? Tim ini bahu-membahu untuk membangun sebuah situs web yang bisa memberikan informasi, menarik perhatian, dan menghasilkan profit lewat penjualan di dalamnya. Banyak orang yang terlibat dalam pembangunan website. Salah satunya adalah front end developer yang punya banyak andil.

 

Front end developer jadi satu profesi di zaman ini yang pasti sangat dibutuhkan. Mengapa demikian? Coba kita lihat bagaimana gaya hidup dan perubahan zaman saat ini. Hampir semua industri mempunyai dan membutuhkan website. Berbagai hal diakses dengan menggunakan website. Oleh karena itu, seorang front end developer jadi profesi yang menarik dan pasti dicari di zaman ini.

 

Tapi, apa tepatnya front end developer? Front end developer adalah para pengembang website yang bertanggung jawab atas tampilan sebuah website untuk bisa berjalan dengan lancar. Untuk lebih memudahkan, kami akan memberikan analogi sederhana.

 

Sebelum sampai ke tangan front end developer, pembuatan website dikonsepkan oleh tim UI/UX terlebih dahulu. Tim UI/UX akan membuat sebuah desain website yang menarik dengan memperhatikan unsur-unsur penting seperti tipografi, tata letak, warna, dan sebagainya. Desain dan konsep-konsep lain yang sudah dibuat oleh UI/UX kemudian akan dilanjutkan oleh front end developer.

 

Ibaratnya jika di sebuah pembuatan rumah, UI/UX adalah arsitek yang mendesain bangunannya, seorang front end developer adalah engineer yang membangun rumah tersebut. Jadi, seorang front end developer memastikan dan bertugas untuk desain-desain yang telah dijalankan. Seorang front end developer langsung bersentuhan dengan hal-hal yang sifatnya teknis.

 

Oleh sebab itu, seorang front end developer akan banyak terlibat dengan bahasa pemrograman. JavaScript, Python, Swift, CSS, dan sebagainya adalah hal yang sudah sangat lumrah dan seharusnya sudah ada di luar kepala front end developer.

 

Tidak hanya bahasa pemrograman saja, ada skill dasar yang perlu dimiliki oleh seorang web developer. Berikut skill yang harus dimiliki oleh seorang front end developer.

 

  1. HTML/CSS

Bahasa pemrograman yang satu ini jadi yang paling wajib untuk dimengerti dan menjadi skill dasar dari seorang front end developer. HyperText Markup Language (HTML) dan Cascading Style Sheets (CSS) jadi komponen utama dalam membuat website. Baik, HTML maupun CSS keduanya saling terlibat satu sama lain untuk membangun halaman website. HTML jadi komponen dasar, dan CSS mendukung HTML bisa berjalan dengan baik.

 

  1. Framework CSS/JavaScript

Ada banyak framework yang bisa digunakan untuk membuat website. Setiap framework memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri dan Anda bisa secara bebas memilih framework yang ingin digunakan agar sesuai dengan kebutuhan website yang ingin dibangun. Tapi framework CSS dan Javascript jadi hal yang sepertinya akan selalu ada di pembangun website.

 

  1. Version control

Version control merupakan sistem yang menyimpan setiap perubahan pada sebuah berkas sehingga bisa digunakan kembali jika suatu saat ingin kembali menggunakan software sebelumnya. Sistem ini bisa mendukung pengembangan website yang kolaboratif. Setidaknya ada 10 sistem version control yang perlu untuk diketahui seorang front end developer, subversion, bazaar, VCS, RCS, mercurial, GIT, clear case, dan lainnya.

 

  1. Debugging

Debugging adalah proses pengecekan untuk mengurangi bug supaya website bisa berjalan dengan lancar. Tidak dipungkiri jika sebuah website mungkin saja akan mengalami kerusakan, masuknya virus, atau malware berbahaya yang bisa membahayakan website. Proses debugging akan melibatkan identifikasi masalah, dan mengisolasi sumber masalah, dan memperbaiki masalah tersebut.

 

  1. Responsive design

Saat ini website bisa diakses melalui banyak perangkat. Orang-orang bahkan sering sekali membuka website melalui smartphone mereka. Dengan begitu, banyak mengetahui dan memperdalam skill di responsive design juga jadi bekal yang tidak kalah penting untuk seorang front end developer.