Instagram Business Solusi Bagi Semua Bisnis

Didirikan 9 tahun lalu oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger, kini Instagram telah digunakan oleh lebih dari 1 miliar user di seluruh dunia setiap bulannya. Intagram juga mengklaim sebanyak 80 persen akun mengikuti bisnis yang ada di Instagram.

Instagram marketing jadi lahan berbisnis yang tepat, usaha kecil yang hanya merekrut beberapa karyawan sampai perusahaan yang sudah berdiri sejak puluhan tahun memanfaatkan akun resmi Instagram untuk berbisnis.

Yang paling terbaru, Instagram menghadirkan fitur yang melancarkan kegiatan bisnis anda maupun mempermudah customer dalam hal melakukan transaksi. Pada maret lalu, Instagram menambahkan fitur pembayaran yang membantu memudahkan customer untuk melakukan pembelian tanpa harus mengisi data atau melakukan login. Metode ini menjadi salah satu keunggulan paling baru yang diberikan Instagram untuk fitur belanja.

Cara membuat akun Instagram bagi bisnis anda juga sangatlah mudah, yang pertama pastikan anda sudah mempunyai aplikasi Instagram di ponsel anda, selanjutnya anda bisa daftar dengan memasukkan alamat email perusahaan atau masuk dengan Facebook jika ingin mendaftar akun dengan Facebook, semuanya bisa dilakukan dengan gratis dan sangat mudah tanpa memakan waktu yang banyak.

Dengan akun bisnis yang ada, anda tidak hanya bisa memiliki akun yang dapat menunjang bisnis melalui platform sosial media yang sedang naik daun ini. Disini anda bisa memantau bisnis secara langsung karena Instagram Business menyediakan metrik kinerja stories dan unggahan yang anda promosikan. Anda juga bisa lebih dekat dengan customer melalui direct message dan kolom komentar yang ada. Instagram nampaknya benar-benar serius dalam membuat akun Instagram business untuk menjadi solusi dari perusahaan yang sedang membangun bisnisnya. Karena Instagram business bisa menampilkan informasi perusahaan anda dengan detil yang mencakup lokasi, jam kera, dan nomor telepon.

Instagram jadi sangat cocok bagi anda untuk menampilkan kualitas jasa, produk, atau identitas ke dalam format visual. Foto dan video yang menjadi daya tarik aplikasi ini jadi medium yang terlihat sederhana namun menjanjikan peluang yang menarik.

Baca Juga : 

breefstudio.com

 

Walaupun kolase foto dan video yang menjadi daya tarik utama Instagram, tapi nyatanya anda bisa mengeksplorasi promosi anda ke dalam bentuk lain. Misalnya melalui boomerang, yang satu ini jadi signature dari aplikasi Instagram yang sangat menarik penggunanya. Video mini yang diputar secara berulang-ulang tidak hanya bisa diaplikasikan pada akun personal namun juga berlaku untuk akun bisnis anda. Selain boomerang, ada juga Hyperlapse. Tidak perlu lagi kesusahan membawa kamera yang berat untuk membuat video gerak cepat yang terlihat satisfying.

Bila digunakan dengan cara yang tepat, Instagram bisa memberikan keuntungan yang menjanjikan. Tidak hanya menjadi tempat promosi, anda bisa memanfaatkan akun Instagram business sebagai brand awareness.

Melalui akun ini, anda bisa menjalin hubungan kerja sama dengan influencer untuk bisa menyebarkan informasi mengenai produk anda ke massa yang lebih luas. Memanfaatkan kekuatan popularitas influencer merupakan salah satu cara yang bisa menunjang efektivitas penjualan anda. Namun, anda juga perlu cermat dalam memilih siapa influencer yang tepat untuk anda ajak kerjasama karena biaya yang dikeluarkan untuk bekerja sama dengan influencer bisa berbeda-beda sesuai dengan agensi yang menaungi influencer tersebut.