Blogspot atau Wordpress, Mana Yang Anda Pilih?

f:id:breefstudio:20191114115550j:plain



Ada banyak nama tokoh terkenal yang mengawali karirnya dari dunia blog, seperti Raditya Dika. Ngomong-ngomong jika kita berbicara soal blog, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan dua nama dari mesin blog yang sangat terkenal. Siapa lagi kalau bukan Blogspot dan Wordpress. Baik blogspot maupun wordpress sama-sama menyediakan layanan untuk Blogger (orang yang menggunakan blog). Keduanya jadi raksasa mesin blog yang mewadahi para blogger di seluruh dunia. Ada banyak konten yang diberikan oleh para blogger, akhir-akhir ini konten makanan atau kecantikan jadi hal yang sedang naik daun.

Lalu bagaimana dengan anda? Apakah sudah menjadikan blog sebagai alat menyebarkan konten yang anda milik? Melalui artikel ini kami akan mengulas mengenai dua raksasa blog, Blogspot dan Wordpress.

Blogspot

Blogspot jadi mesin blog yang dibuat oleh PyraLabs pada tahun 1999 dan pada tahun 2002 diakuisisi oleh Google. Bagi seorang pemula, Blogspot jadi mesin blogging yang sangat mudah digunakan. Tapi tidak hanya mudah digunakan, ada beberapa kelebihan Blogpot untuk para penggunanya.

Kelebihan blogspot

  1. Milik Google : Keberadaan Google yang menaungi Blogspot jadi kelebihan tersendiri. Dengan kepemilikan tersebut membuat pengguna blogspot bisa dengan mudah menggunakan fasilitas yang juga menjadi milik google, seperti Google Plus, Google Page Google Submit Url, Google Feedburner, Google Webmaster Tools,  Google Analytic.

  2. Bisa mengubah tampilan blog secara bebas : Anda bisa dengan mudah mengubah tampilan blog anda. Template yang telah disediakan secara gratis bisa anda pilih berdasarkan kesukaan dan gaya yang anda inginkan.

  3. Cocok untuk pemula : Mengoperasikan blogspot sangatlah mudah. Karena memang ditujukan untuk para blogger individu yang tidak

  4. Blog aman : karena dinaungi dan dikelola oleh Google, blog anda bisa dengan aman digunakan.

Kekurangan blogspot

  1. Banyak institusi pendidikan yang melarang mahasiswa atau pelajarnya untuk mengutip sumber dari Blogspot, hal ini bisa membatasi aktivitas dan mengurangi pengunjung blog anda.

  2. Blog anda bisa dihapus kapanpun jika dianggap melanggar peraturan, syarat dan ketentuan yang berlaku di blogspot.

BACA JUGA : Jasa Pembuatan Website

Wordpress

Wordpress hadir satu tahun setelah blogspot diakuisisi oleh Google. Pada tahun 2003, Matt Mullenweg jadi pengembang wordpress. Wordpress jadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk para blogger yang ingin melakukan monetize. Karena bisa di monetize, ada beberapa fitur wordpress yang berbayar. Wordpress jadi sangat cocok untuk kalangan professional yang ingin mencoba ranah baru dalam dunia blogging.

Anda juga perlu mengetahui ada dua sistem wordpress yang ada, wordpress.com dan wordpress.org. Kedua hal tersebut di bedakan berdasarkan hosting yang digunakan oleh kedua layanan ini. Wordpress.com tidak perlu anda download, sedangkan anda perlu melakukan pengunduhan untuk menggunakan wordpress.org.

Kelebihan wordpress

  1. Ribuan template tampilan yang gratis : Di wordpress, ada banyak template tampilan gratis yang bisa digunakan untuk efektifitas blog anda. Anda bisa menyesuaikan tampilan yang anda inginkan kapapun, dengan gaya apapun sesuai identitas blog yang ingin anda tampilkan.

  2. Fleksibel : Anda bisa menggunakan wordpress untuk berbagai tujuan. Mulai dari skala yang kecil seperti blog, sampai ke tingkat professional untuk portfolio, ataupun untuk tujuan bisnis. Anda bisa menyesuaikannya sesuai tujuan anda.

  3. Mudah dioptimalkan untuk SEO : Wordpress mudah digunakan untuk mengoptimalkan SEO yang perlu dilakukan untuk meningkatkan traffic.

  4. Mobile friendly : Tampilan yang bisa sesuai dibuka di perangkat mana saja juga kelebihan yang menjadi kemudahan.

Kekurangan wordpress 

Sistem open source (OS) yang rawan : Sistem open source yang digunakan rentan diretas oleh para hacker dengan menyisipkan script berbahaya.

 

  Di antara wordpress atau blogspot, mana yang lebih menarik perhatian anda? Yang jelas setiap platform memiliki kelemahan dan kelebihannya sendiri-sendiri ya. Bagaimana cara pengguna memanfaatkan platform yang ada juga jadi peran yang sangat penting.