5 Pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta yang Instagramable

Tidak terasa waktu liburan sudah di depan mata. Berkunjung ke Yogya bisa jadi salah satu alternatif menghibur diri dari penatnya rutinitas kehidupan kota urban. Salah satu Provinsi di pulau Jawa ini memang terkenal dengan lokasi wisata yang beragam. Anda bisa berkunjung ke banyak lokasi wisata yang menawarkan beragam pilihan. Apalagi kebanyakan lokasi wisatanya sangat instagramable.

Mulai dari wisata budaya yang akan mengajak anda menelusuri setiap jejak budaya yang ada di Yogya. Atau mungkin juga anda tertarik dengan wisata minat khusus yang lebih kekinian dengan perpaduan wahana bermain modern. Ada juga wisata museum yang menawarkan anda pengalaman mengunjungi museum dan monumen bersejarah di Yogya. Tidak berhenti sampai disitu, Yogya juga memberikan pilihan wisata alam yang bisa anda nikmati saat berlibur. Bagi anda yang menyukai keindahan pantai agaknya anda perlu memasukkan daftar pantai yang ada di bawah ini ke dalam tujuan destinasi wisata anda.

BACA JUGA : Jasa Pembuatan Website Jogja

Wisata pantai di Yogya erat kaitannya dengan Pantai Parangtritis. Lokasi Parangtritis memang jadi salah satu yang palilng familiar dan menarik banyak perhatian wisatawan. Namun sebenarnya Yogya masih memiliki banyak sekali lokasi pantai eksotis yang patut dikunjungi. Dalam artikel ini, kami berikan informasi mengenai 5 pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta yang sebaiknya masuk ke dalam itinerary anda.

  1. Pantai Watu Lumbung

Gunungkidul memang jadi salah satu lokasi yang banyak menawarkan lokasi wisata yang menarik salah satunya adalah Pantai Watu Lumbung. Pantai Watu Lumbung menyuguhkan panaroma pantai yang luar biasa indah bagi para wisatawan. Ada banyak batu karang yang terhampar di pinggir pantai. Suara ombak yang menerjang batu karang dengan semilir angin yang membawa suasana segar bagi wisatawan jadi sesuatu yang sangat menenangkan jiwa. Pantai Watu Lumbung jadi tempat yang sangat tepat untuk melepaskan segala beban dan kepenatan hidup di kota urban.

Pantai Watu Lumbung tepat berada di Desa Balong Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunung Kidul. Sebaiknya anda mempersiapkan bekal untuk berkunjung ke Pantai Watu Lumbung karena belum ada banyak warung yang menyediakan makanan. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung adalah ketika cuaca sedang cerah, dan jangan pergi pada musim hujan karena akses jalan yang jauh dan cukup terjal menuju Pantai Watu Lumbung akan sedikit berbahaya.

 

  1. Pantai Parang Endog

Selanjutnya ada Pantai Parang Endog yang berada tepat di sebelah timur Pantai Parangtritis. Ini jadi salah satu lokasi yang sangat bagus untuk anda menikmati matahari terbenam dengan view ombak pantai yang sangat menawan. Bukti hijau yang ada di sekitar pantai juga menambahkan kesan syahdu di pantai yang masih terletak di Kabupaten Gunungkidul ini.

Ada juga tebing tinggi yang sangat terkenal dengan nama Tebing Watugupit yang sangat cocok untuk jadi spot foto instagramable. Selain tepat dijadikan lokasi untuk foto dan menikmati matahari terbenam, Tebing-tebing yang ada di sekitar lokasi Pantai Parang Endog juga sering dijadikan tempat untuk olahraga paralayang. Lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau dari pusat kota jadi salah satu kelebihan Pantai Parang Endog.

 

  1. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan wajib dikunjungi para pecinta snorkling. Keindahan alam bawah laut Pantai Sadaranan masih sangat alami dengan terumbu karang dan spesies ikan yang dilindungi. Disbanding pantai lainnya, Pantai Sadranan masih tergolong sepi pengunjung jadi sangat tepat bagi anda yang ingin menjauh dari keramaian dan hiruk pikuk manusia. Ombak yang ada di pantai ini pun relatif tenang.

Pantai Sadranan terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Tiket masuk Pantai Sadranan juga tidak begitu mahal, wisatawan cukup membayar Rp.10.000 untuk bisa menikmati pemandangan pantai yang luar biasa. Selain snorkeling, anda bisa mendayung perahu kano yang bisa anda sewa.

 

  1. Pantai Sepanjang

Orang-orang menjuluki Pantai Sepanjang dengan Pantai Kuta versi Jogja. Hal ini dikarenakan hamparan pasir putih yang luas dan ombak yang tidak begitu besar. Apalagi ditambah dengan banyaknya para peselancar yang menjelajah ombak Pantai Sepanjang jadi beberapa alasan kenapa orang menjuluki Pantai Sepanjang sebagai replika Pantai Kuta yang ada di Bali.

Pantai Sepanjang memiliki garis pantai terpanjang di Yogya. Ada banyak saung yang bisa jadi tempat beristirahat, saung yang ada ditutupi dengan atap dari dedaunan kering. Jangan heran karena ada banyak rumah warga setempat yang juga terbuat dari kayu dan dengan atap dedaunan kering, hal ini karena batu bata jadi sesuatu yang beresiko jika digunakan untuk membangun rumah atau saung. Angin pantai yang kencang jadi salah satu hal yang mengakibatkan timbulnya larangan menggunakan batu bata.

 

  1. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo terletak di ujung timur wilayah Daerah istimewa Yogyakarta. Berbeda dengan akses Pantai Watu Lumbung yang masih sangat sulit, akses menuju Pantai Wediombo sudah sangat bagus dengan jalanan aspal yang mulus. Kontur tanah di Pantai Wediombo memang agak rendah dari daratan sekitarnya membuat anda perlu menuruni kurang dari 50 anak tangga.

Di pinggir pantai terdapat pohon rindang yang bisa anda jadikan tempat berteduh dari teriknya sinar matahari pantai. Anda dapat membeli air kelapa segar sambal menikmati pemandangan sunset yang ada di Pantai Wediombo. Ada kolam air tersembunyi yang dikelilingi oleh karang besar yang sangat cantik. Anda bisa berenang atau sekadar bermain air di kolam air ini.