Dari iPhone OS 1 ke iOS 13, Ini Perjalanan Panjang iOS

Sistem operasi mobile atau mobile OS merupakan sebuah sistem operasi untuk sebuah perangkat mobile seperti smartphone, tablet, smart watch. Setidaknya ada 10 jenis sistem OS yang ada di dunia, dan iOS menjadi salah satu yang termasuk di dalamnya sekaligus yang terkenal di kalangan pengguna perangkat smartphone.

Jasa Pembuatan aplikasi

Data dari Statista menunjukkan bahwa pangsa pasar sistem operasi seluler untuk iOS di Indonesia dari bulan Januari 2012 hingga Juni 2019 mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Di Juni 2019, pangsa pasar iOS berada di angka 5,52 persen.

Berbeda dengan sistem operasi android yang bisa dikembangkan oleh berbagai macam perangkat smartphone, sistem operasi iOS hanya bisa digunakan oleh perangkat Apple. Hal tersebut menjadikan pengguna iPhone memang terlihat lebih eksklusif.

Berbicara soal sistem operasi mobile pastinya tidak bisa dilepaskan dari rivalnya iOS. Siapa lagi kalau bukan android. iOS dan android memang dikenal sebagai ‘rival’ karena beberapa alasan. Pada dasarnya memang ada sejumlah perbedaan yang sangat kentara antara sistem operasi iOS dengan android.

Pengguna android bisa menemukan suku cadang lebih mudah dengan harga yang relative lebih miring dibandingkan dengan pengguna iPhone. Karena bersifat open source, perangkat smartphone dengan sistem operasi android dianggap biasa saja dan tidak eksklusif. Selain itu iPhone dengan operasi iOS yang dimillikinya juga tidak mendukung penambahan memori eksternal. Hal tersebut sangat berbeda dengan smartphone android yang mendukung penggunanya untuk menambahkan memori eskternal di luar dari memori internal yang telah disediakan.

Sistem operasi iOS yang ada di iPhone telah mengarungi waktu yang panjang. Keberadaan iOS telah banyak sekali diperbarui, baik dari segi tampilan maupun fitur yang disediakan. Untuk mengetahui bagaimana perjalanan Panjang iOS sampai saat ini, simak uraiannya di bawah ini.

  • 1. 2007 – iPhone OS 1

    Versi pertama iOS keluar di tahun 2007. Saat itu nama yang lebih akrab disebut oleh orang-orang adalah iPhone OS 1. iPhone OS 1 hadir dengan aplikasi bawaan milik Apple, dan belum tersedia App Store.
  • 2. 2008 – iPhone OS 2

    Setelah meluncurkan OS 1, iOS memperbarui sistem operasinya ke iPhone OS 2. Tidak hanya sistem operasinya, bentuk perangkat dari iPhone pun juga berubah dengan desain yang disesuaikan dengan zaman saat itu. iPhone OS 2 dirilis bersamaan dengan iPhone 3G yang dilengkapi dengan App Store.
  • 3. 2009 – iPhone OS 3

    Peningkatan ada di iPhone OS 3, pada seri ini muncul fitur copy paste yang sangat memudahkan pengguna. Selain itu di fitur ini juga muncul fitur in-app purchase yang bisa melakukan fitur pembayaran dalam aplikasi.
  • 4. 2010 – berubah nama menjadi iOS

    Baru pada tahun 2010 sistem operasi iPhone ini berubah nama menjadi iOS yang sampai saat ini dikenal oleh kebanyakan orang. 21 Juni 2010 Apple memperkenalkan iOS 4 yang bisa menjalankan multitasking. Sistem operasi yang dijalankan tidak hanya pada perangkat iPhone tapi juga bisa pada iPod Touch, sebuah perangkat untuk mendengarkan lagu.
  • 5. 2011 – iOS 5

    Di tahun 2011 Apple memperkenalkan iOS 5. Generasi kelima dari iOS ini beroperasi di iPhone 3G S, iPhone 4, dan iPhone 4 S. Sistem operasi kelima memberikan banyak perubahan pada perangkat iPhone. Banyak fitur baru yang muncul di seri tahun 2011 yang satu ini, seperti Siri, iCloud, iMessage, dan Reminder Apps.
  • 6. 2012 – iOS 6

    Dirilis pada 19 September 2012, iOS 6. Munculnya Apple Maps adalah salah satu terobosan yang ada di iOS 6. Namun sayangnya Apple Maps yang berfungsi sebagai penunjuk arah dan jalan bagi pengguna justru berakhir dengan banyak kasus yang menjelekkan nama Apple Maps. Kesalahan seperti adanya bugs, dan penunjuk merupakan hal yang buat CEO Apple, Tim Cook pada saat itu meminta Kepala Pengembangan iOS, Scott Forstall untuk membuat permintaan maaf ke publik.
  • 7. 2013 – iOS 7

    iOS 7 hadir bersamaan dengan rilisnya smartphone 5S. Desain antarmuka di iOS 7 nampak lebih modern dan tambahan fitur lainnya. Activation Lock, Air Drop, CarPlay, Control Centre, Touch ID.
  • Jasa Pembuatan Aplikasi
  • 8. 2014 – iOS 8

    Sistem operasi di versi iOS 8, di versi ini iOS banyak mengembangkan fitur-fitur terbaru yang bisa digunakan oleh pengguna. Beberapa fitur tersebut antara lain Apple Music, Apple Pay, Handoff, dan Family Sharing. Ada juga fitur yang semakin dikembangkan seperti iCloud, iCloud Photo Libraray, dan iCloud Music Library.
  • 9. 2015 – iOS 9

    Penampilan dari generasi ke sembilan dari iOS tidak memiliki perubahan yang signifikan. Namun tetap ada perbedaan dan peningkatan kualitas dari fitur yang sudah ada sebelumnya. Fitur multitasking yang ada dibuat lebih sederhana dari tampilan sebelumnya. Ada juga fitur low-power mode yang bisa digunakan untuk melihat penggunaan daya baterai.
  • 10. 2016 – iOS 10

    Dirilis pada tahun 2016, iOS 10 menawarkan kelebihan tersendiri. Tema utama dari iOS 10 adalah interoperability and customization atau interoperabilitas dan kustomisasi. Siri, asisten pribadi yang tersedia di perngkat mobile Apple di iOS ini bisa tersedia untuk aplikasi pihak ketiga.
  • 11. 2017 – iOS 11

    iOS 11 memungkinkan penggunanya untuk merekam layer perangkat dengan fitur screen recording di Control Centre. Untuk perangkat iPad, fitur drag and drop yang bisa memudahkan pengguna untuk memindahkan teks, foto, dan video dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Fitur Siri semakin diperbarui, pada tahun itu Siri mulai bisa menerjemahkan bahasa seperti Mandarin, Spanyol, Perancis, dan sebagainya.
  • 12. 2018 – iOS 12

    Baru rilis satu tahun yang lalu, iOS 12 tidak jauh berbeda dari segi tampilan. Namun fitur-fitur baru atau fitur yang diperbaiki merupakan hal yang menjadikan iOS 12 berbeda dari para pendahulunya. iOS 12 dipercaya jauh lebih responsif. Aplikasi kamera pun juga diklaim bisa dibuka dengan lebih cepat, keyboard muncul lebih cepat. Aplikasi Photos yang ada menyediakan tampilan baru dengan memberikan kolom khusus yang berjudul For You.
  • 13. 2019 – iOS 13

    Saat ini hampir 50 persen pengguna iPhone telah menggunakan sistem operasi iOS yang paling update yaitu iOS 13. Dalam website resminya, iPhone mengklaim jika iOS 13 memiliki performa yang lebih cepat dari iOS 12. Performa dalam kecepatan merupakan satu hal yang diklaim menjadi keunggulan dari iOS 13. Adanya aplikasi ARkit 3 yang bisa membuat sebuah objek berada di sekitar orang lain melalui foto atau video dengan kualitas yang bagus dan terlihat natural merupakan keunggulan lainnya.

    breefstudio.com