Pengaruh Besar Angka dan Data Di Sebuah Annual Report

 

Akhir tahun orang-orang tidak hanya merayakannya dengan sebuah selebrasi pergantian tahun yang semarak. Atau tidak hanya pergi berbelanja berburu diskon midnight sale di department store yang cuci gudang semua produknya. Akhir tahun berarti kerja keras bagi tim finance di sebuah perusahaan untuk menyusun Annual Report (AR). Sebelum menjelaskan lebih jauh mengenai pengaruh sebuah angka laporan finance di annual report, kita simak terlebih dahulu apa itu annual report dan apa saja yang ada di dalamnya.

 

Annual report adalah data dan informasi akurat suatu perusahaan yang terangkum dalam sebuah laporan tahunan. Secara garis besar, annual report memberikan sebuah data dan informasi yang bisa digunakan oleh orang-orang eksternal perusahaan untuk dapat melihat sejauh mana perusahaan tersebut telah berkembang selama satu tahun ke belakang.

 

Sebuah pembuatan annual report bisa sangat kompleks bagi perusahaan karena melibatkan hampir semua divisi di perusahaan tersebut dan tidak terkecuali adalah bagian finance. Data dan informasi yang ada di annual report dirangkum secara menyeluruh. Semua rangkuman data kegiatan, keuangan, bahkan bagaimana perusahaan tersebut tersaji dalam bentuk yang menarik di sebuah annual report.

 Jasa Pembuatan Website

Bagi orang awam, annual report sebenarnya bisa didapatkan secara bebas melalui website resmi perusahaan. Sebuah perusahaan dengan tata kelola Tbk misalnya, pada umumnya memiliki annual report yang ditujukan untuk para pemegang saham maupun investor. Dari annual report, bisa diketahui transparansi perusahaan, berapa banyak asset yang dimiliki, atau bahkan hutang yang ada di tahun tersebut.

 

Setiap perusahaan memiliki isi yang berbeda di tiap annual report yang dibuatnya. Namun, pada umumnya sebuah annual report memiliki informasi umum tentang perusahaan yang terletak di halaman awal, surat untuk para pemegang saham dan investor, ikhtisar operasional dan keuangan, laporan keuangan, laporan laba rugi, rencana yang akan dilakukan, penghargaan yang didapatkan di tahun itu, hingga tata kelola perusahaan.

 

Saat ini, semua informasi tersebut dimuat dalam bentuk yang interaktif. Dengan menggunakan grafik, foto,typography yang menarik dan mudah untuk dibaca. Hal tersebut dilakukan mengingat ada begitu banyak halaman yang ada di sebuah annual report sering membuat orang mudah bosan.

 

Sesuai dengan namanya ‘annual report’, maka laporan ini diterbitkan di bulan desember atau di awal tahun. Lalu bagaimana bisa sebuah angka memiliki dampak yang sangat besar di annual report? Walau terlihat sepele, data angka yang ada memegang kendali dan peran yang sangat strategis dalam sebuah laporan tahunan. Persepsi khalayak bahkan pemegang saham dan investor bisa terpengaruh melalui data dan angka yang tersaji.

 

hanomandeveloper.com

Angka yang ada di sebuah annual report memiliki peran yang sangat krusial. Kesalahan peletakkan koma, kurang nol, atau kesalahan lainnya bisa memiliki dampak yang besar. Tidak heran jika sebuah annual report menuntut ‘kesempurnanaan’ sebelum bisa dikonsumsi oleh publik dan orang penting lainnya.

 

Data dan angka yang sudah diolah dalam annual report bisa sangat bermanfaat dan mendukung untuk banyak hal, misalnya untuk membantu proses promosi dan bisa menjadi alat pemasaran yang efektif.

 

Semua hasil yang ada di annual report pada dasarnya tidak hanya bisa digunakan dan dipublikasikan untuk kepentingan eksternal. Evaluasi bisa dilakukan dengan mempertimbangkan sumber dari annual report. Penilaian performa perusahaan dalam satu tahun merupakan hal yang bisa dimanfaatkan di annual report.

 

Sebuah annual report juga bisa dijadikan referensi bagi media massa untuk memantau, dan mengutip laporan terbuka suatu perusahaan yang kemudian akan ditulis ke dalam bentuk berita yang kemudian akan dikonsumsi oleh khalayak umum.

Jasa Pembuatan Website Profesional Jakarta | Breef Studio

Informasi, data, dan angka tidak hanya berpengaruh bagi internal perusahaan tapi juga untuk eksternal karena sangat berperan dalam membentuk persepsi dan pola pikir bagaimana citra perusahaan tersebut. Mengolah data dan angka yang ada menjadi sebuah informasi yang bernilai dan memiliki ketertarikan yang tinggi menjadi hal yang benar-benar perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan dalam annual report yang dibuat.