Benarkah Market Research Bisa Mengefektifkan Kinerja Perusahaan?

 Setiap perusahaan agaknya perlu untuk mengetahui dan membuat sebuah market research yang baik untuk menunjang kegiatan marketingnya. Market research atau yang biasa disebut sebagai riset pasar jadi hal yang penting. Secara definisi, market research bisa dikatakan sebagai perancangan, pengumpulan, analisis, dan data atau temuan yang relevan untuk membuat sebuah strategi marketing untuk mendukung kegiatan perusahaan dalam mengenal konsumennya dengan lebih dekat.

 

Market research ah memungkinkan perusahaan untuk menentukan target pasarnya secara maksimal. Riset pasar ini memudahkan perusahaan mengetahui hampir seluruh keinginan konsumen secara umum. Bahkan juga memungkinkan perusahaan melihat siapa saja kompetitor yang ada dan bagaimana kegiatannya berjalan.

 

Riset market ini digunakan oleh para pebisnis untuk mengumpulkan informasi yang bisa mendukung usaha yang dijalankan. Biasanya market research digunakan ketika perusahaan akan meluncurkan produk terbaru. Saat itu market research sangat berperan dan dibutuhkan untuk melihat serta menentukan bagaimana potensi, perilaku, dan keinginan konsumen.

 

Dari research market, selanjutnya akan dibuat sebuah perencanaan strategi pemasaran yang akan dieksekusi oleh beberapa tim dan divisi lain. Umumnya, sebuah market research berisi informasi yang bisa membantu perusahaan dalam memetakan target pasarnya. Informasi seputar demografi, geografi, perilaku dan karakter konsumen, kendala adalah hal yang biasa ada di market research.

 

Sebelum mengulas lebih banyak tentang kebenaran soal market research yang bisa mengefektifkan kinerja perusahaan, artikel ini akan menjelaskan terlebih dahulu metode dalam pengumpulan market research.

 

hanomandeveloper.com

Bagaimana market research dikumpulkan?

Yang menjadi pertanyaan adalah “bagaimana market research dikumpulkan?” Apalagi seperti yang kita tahu jika informasi yang ada di market research sangatlah kaya dan beragam. Sebenarnya market research bisa diperoleh secara mandiri oleh perusahaan atau bisa juga dengan menggunakan jasa penyewaan pembuatan market research yang saat ini marak digunakan oleh perusahaan untuk mengefektifkan waktu dan proses pengerjaan market research.

 

Paling tidak ada 5 metode pengumpulan data pada market research, mulai dari wawancara, kuisioner, survey, focus group discussion, dan observasi.

 

  1. Wawancara

Pengumpulan data secara wawancara dilakukan dengan bertanya langsung ke konsumen. Baik secara langsung maupun melalui perangkat telepon. Perusahaan yang menggunakan cara ini umumnya adalah Bank. Wawancara yang dilakukan biasanya memuat pertanyaan soal seberapa puas konsumen menjadi pelanggan Bank tersebut.

 

  1. Kuisioner

Metode kuisioner marak digunakan dengan membagikan sebuah angket baik tertulis maupun yang bisa dilakukan secara online. Dengan metode kuisioner, data yang didapat akan lebih terukur karena menggunakan indeks angka yang bisa diakumulasikan ke dalam perhitungan statistik.

 

  1. Survey

Sebenarnya metode survey dan metode kuisioner tidak berbeda jauh. Perusahaan akan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh pelanggan untuk kemudian diukur dan dijadikan informasi ke dalam market research.

 

  1. Focus group discussion

Metode Focus group discussion cukup jarang dilakukan oleh perusahaan namun bukan berarti metode ini tidak digunakan sama sekali. Biasanya perusahaan akan membentuk sebuah grup diskusi yang terdiri dari beberapa orang potensial.

 

Kabar Berita Terkini Terpopuler dan Terbaru Hari Ini di Indonesia dan Internasional

  1. Observasi

Cara observasi merupakan metode riset pasar yang dilakukan secara langsung dengan melihat fenomena yang terjadi di pasar secara langsung. Metode observasi dilakukan untuk skala yang besar di sebuah perusahaan karena melibatkan banyak sumber.

 

Benarkah market research bisa mengefektifkan kinerja perusahaan?

Benar sekali market research yang disusun dengan baik bisa mengefektifkan kinerja perusahaan. Mengutip perusahaan manajemen internasional, McKinsey dalam artikel di websitenya berjudul 5 Proven Methods For Driving Sales Excellence In Your Organization ternyata ada hal yang bisa berjalan efektif dari market research yang baik. McKinsey mengungkapkan setidaknya ada 3 hal efektif yang bisa diambil perusahaan.

 

Pertama, dengan marketing research yang benar maka bisa berdampak ke identifikasi peluang bisnis yang tepat. Perusahaan yang bisa melakukan seluruh aktivitas dan marketing researchnya dengan baik mempunyai potensi yang sangat besar untuk menangkap peluang yang ada dengan cara dan pengerjaan yang berakhir dengan baik.

 

breefstudio.com

Kedua, menyatukan setiap kesempatan dan peluang bisnis yang ada dengan kompetensi internal perusahaan. Market research membantu Anda memahami bagaimana potensi yang ada di setiap perusahaan bisa dikembangkan dan dijalankan oleh orang-orang yang tepat di perusahaan. Dengan begitu, potensi bisnis yang ada bisa berkembang dengan baik di tangan orang yang tepat.

 

Ketiga, identifikasi market research yang tepat bisa berdampak baik untuk memberikan pelayanan dan kepuasan yang tepat untuk konsumen. Pelayanan yang bisa dilakukan secara maksimal berdasarkan market research yang baik merupakan efektivitas yang bisa didapat.