Inilah 5 fitur utama Aplikasi POS

Manfaatkan 5 Fitur Canggih Yang Ada Di Aplikasi POS

POS (Point Of Sale) merupakan perangkat lunak berupa aplikasi yang memiliki banyak fungsi. Aplikasi POS adalah sebuah aplikasi kasir yang digunakan untuk mendukung transaksi di sebuah toko yang memiliki banyak cabang.

Belakangan ini aplikasi POS banyak digunakan oleh toko-toko yang memiliki banyak cabang. Muncul juga beragam aplikasi POS buatan dalam negeri yang memiliki keunggulan masing-masing.

Penggunaan aplikasi POS pada dasarnya sangat membantu kegiatan transaksi maupun laporan keuangan yang ada di toko. Terlebih saat ini kebutuhan dan kecepatan menjadi suatu hal yang penting dan mendukung dalam beragam kegiatan. Keberaaan aplikasi POS sangat mengefisienkan transaksi yang ada di kasir.

Pelanggan tidak perlu lagi menunggu lama dalam antrian kasir, keberadaan dompet digital juga semakin memudahkan pelanggan maupun toko dalam melakukan transaksinya. Namun diluar dari sisi kemudahannya yang sudah pasti menjadi keuntungan, ada fitur canggih lain yang ada di aplikasi POS dan bisa dimanfaatkan oleh para pemilik toko. Di artikel ini, kami akan menguraikan 5 fitur di aplikasi POS yang bisa Anda gunakan untuk efisiensi transaksi toko.

1. Manajemen stok

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, aplikasi POS memiliki banyak fungsi. Fungsi tersebut memberikan banyak manfaat dalam keberlangsungan kinerja toko yang berhubungan dengan transaksi ataupun hal lainnya. Manfaat di luar dari kegiatan transaksi yang bisa didapatkan adalah manajemen stok.

Dengan aplikasi POS, pemilik toko bisa sekaligus mengatur manajemen stok gudangnya. Fitur ini menjadi keunggulan yang ada di aplikasi POS. Namun ada juga aplikasi yang tidak menyediakan fitur ini dan menjadikan ini fitur tambahan yang artinya Anda perlu untuk merogoh rupiah lagi untuk menambahkan fitur ini. Fitur manajemen stok yang ada sangat mengefektifkan pekerjaan Anda dalam mengelola manajemen stok.

Fitur ini biasanya sudah mencakup informasi soal ketersediaan stok, riwayat stok, opname stok, transfer stok, hingga pengingat bahwa stok hampir habis. Dengan fitur manajemen stok, Anda tidak perlu khawatir ketika suatu waktu lupa melakukan pengecekan laporan stok karena aplikasi POS sudah mengelola stok yang ada dengan sangat baik.

2. Pencatatan pengeluaran

Selain untuk manajemen stok, fitur canggih lain yang ada di aplikasi POS adalah untuk pencatatan pengeluaran. Fitur pencatatan pengeluaran yang ada sudah di desain dengan sangat mudah untuk digunakan. Dengan begitu Anda bisa menggunakannya untuk mencatat dan membuat laporan pengeluaran toko.

Setidaknya ada beberapa hal yang bisa diatur di pencatatan pengeluaran, seperti pengkaegorian pengeluaran. Hampir semua pencatatan pengeluaran bisa tercatat di aplikasi POS. Pembelian bahan baku, pengeluaran untuk biaya operasional, jadi hal yang tercatat di pencatatan pengeluaran.

3. Manajemen pelanggan

Tidak hanya untuk manajemen stok, keberadaan aplikasi POS bisa menjadi hal yang sangat baik untuk manajemen pelanggan. Dengan manajemen pelanggan Anda bisa membuat kemudahan dalam menyusun data-data pelanggan.

Fitur canggih ini memungkinkan untuk Customer Relationship Management (CRM) yang bisa mengelola hubungan dengan pelanggan menjadi lebih efektif. Menambahkan pelanggan, data pelanggan yang aman, riwayat transaksi berdasarkan pelanggan, loyalty program adalah hal-hal yang sangat menunjang dalam manajemen pelanggan.

4. Laporan

Pencatatan laporan jadi fitur lain yang hampir tersedia di semua aplikasi POS. Laporan penjualan yang tercatat di aplikasi POS bisa dikatakan sangat lengkap dengan mencatat laporan penjualan harian, produk yang paling laris, hingga pemisahan laporan yang dilakukan berdasarkan metode pembayran.

BACA JUGA : Jasa Pembuatan Website

Dengan adanya aplikasi POS, cara-cara konvensional mencatat dengan cara menuliskannya di sebuah buku laporan sudah ditinggalkan. Fitur pencatatan laporan terbukti meminimalisir waktu pengerjaan yang ada.

5. Berbasis cloud

Ruang penyimpanan yang ada sangat besar karena ditampung dalam sebuah database yang ada berbasis cloud. Dengan kapasitas ruang penyimpanan yang besar, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengurus operasional usaha.

Tidak perlu khawatir dengan jarak yang jauh untuk setiap lokasi cabang toko. Hal tersebut karena aplikasi POS memang dibuat untuk memudahkan Anda dalam mengatur keuangan dan laporan keluar masuk di kasir melalui aplikasi yang mudah digunakan.