Ini 10 Hal Yang Harus Ada Di Website E-Commerce Profesional

Website jadi salah satu hal yang penting untuk perusahaan anda. Keberadaannya tidak hanya menjadi pemanis di internet, tapi juga jadi tools yang sangat bermanfaat mulai dari sarana untuk bisa melakukan branding, media promosi, pengenalan produk atau merek, meningkatkan penjualan, dan lain sebagainya.

Karena manfaat yang ada, anda perlu benar-benar memahami hal atau fitur apa saja yang harus ada di sebuah website profesional. Karena fitur yang ada sangat menunjang website anda untuk bisa membantu informasi atau hal yang diinginkan oleh konsumen. Apalagi perusahaan anda yang tergolong ke dalam industri E-Commerce sangat mengandalkan website sebagai salah satu alat yang mendorong penjualan anda. Berikut ini kami berikan informasi mengenai 10 hal yang seharusnya ada di website E-Commerce profesional.

  1. Keamanan

Keamanan jadi hal yang utama dalam fitur yang harus anda perhatikan di website perusahaan anda. Anda tentunya tidak mau tersandung kasus pencurian data pelanggan anda atau kecolongan masuknya virus dari spam yang masuk ke website anda. Keamanan jadi poin utama yang perlu anda perhatikan.

  1. Mobile friendly

Situs web yang responsif merupakan salah satu hal penting yang perlu ada di setiap website. Ada banyak pengguna website yang mengeluh karena ada saja website e-commerce justru tidak mobile friendly padahal seperti yang kita ketahui orang saat ini lebih banyak mengakses internet melalui smartphone mereka daripada laptop. Smartphone yang mudah dibawa kemana-mana hingga tingkat efektifitasnya yang tinggi merupakan alasan lain dari banyaknya orang yang menggunakan smartphone. Oleh karena itu, fitur mobile friendly jadi hal yang perlu diperhatikan oleh setiap perusahaan.

  1. Halaman about us

Halaman about us atau yang biasa ditulis dengan “tentang kami” juga sangat penting. Disini anda bisa menunjukkan kredibilitas perusahaan anda dan perusahaan anda sebenarnya. Isi halaman about us sesuai identitas perusahaan anda, beri tahu pelanggan anda bahwa perusahaan anda merupakan perusahaan terbaik yang mampu menjawab kebutuhan dan keinginan perusahaan anda.

  1. Fitur pencarian dan share

Sebagai e-commerce anda perlu untuk menyediakan fitur pencarian di website anda. Walaupun terlihat sepele, ternyata fitur ini sangat bermanfaat dan dicari oleh pelanggan anda ketika pelanggan ingin langsung to the point mencari sesuatu yang dibutuhkannya. Selain fitur pencarian, ada pula fitur share yang memungkinkan konten website anda untuk dibagikan ke khalayak yang lebih luas lagi. Fitur share yang ada bisa memberikan dampak yang bagus untuk traffic web anda selain itu ini juga bisa jadi media yang pas untuk membuat web anda semakin terkenal.

  1. Fitur online chat

Fitur online chat juga menjadi indikator sebuah website e-commerce bisa dikatakan professional. Dengan adanya fitur online chat, pelanggan anda tidak perlu kesulitan untuk menyimpan nomor customer service yang ada dan menghubunginya melalui pesan singkat lain. Anda bisa langsung memasukkan layanan chat ke dalam website. Ini tidak hanya memudahkan pelanggan anda tapi juga membuat pekerjaan anda menjadi efisien.

  1. Loading cepat

Loading jadi salah satu yang menganggu bagi banyak orang. Halaman website yang terus memuat dan lama menampilkan hasil jadi salah satu alasan kenapa pada akhirnya pelanggan memutuskan untuk menutup atau keluar dari halaman web anda. Dengan loading yang buruk, dampaknya tidak hanya kepada traffic pengunjung yang menurun, tapi juga bisa berdampak buruk untuk proses SEO organik website anda.

  1. Informasi mengenai testimoni

Informasi mengenai testimoni jadi salah satu hal yang krusial. Testimoni yang ada bisa membangun rasa percaya di mata pelanggan anda bahwa perusahaan anda adalah perusahaan yang telah memberikan dan menyebarkan produk ke banyak orang. Testimoni yang baik dari para pelanggan anda sebelumnya merupakan buah dari konsistensi dan kerja keras yang telah anda lakukan selama ini, buah ini nantinya bisa berkembang lebih banyak lagi ketika anda mengemas informasi testimoni yang ada ke dalam bentuk yang menarik. Testimoni yang ada juga menunjukkan perusahaan anda kredibel dalam usaha yang anda jalankan.

  1. Fitur pembayaran

Saat ini website memang sangat powerful untuk menjadi alat marketing anda. Mulai dari branding, layanan customer service melalui fitur online chat, hingga bisa sekaligus memberikan fitur pembayaran bagi pelanggan anda. Tidak perlu menyuruh pelanggan pergi ke atm terdekat untuk melakukan pembayaran. Cukup menyediakan fitur pembayaran yang bisa langsung dilakukan saat itu juga. Dengan begini, penjualan akan lebih cepat, efektif, dan efisien.

  1. Informasi katalog produk

Memberikan informasi deskripsi yang lengkap mengenai katalog produk anda juga perlu anda lakukan untuk menjawab pertanyaan umum calon pelanggan anda. Berikan informasi yang lengkap dengan gaya Bahasa yang to the point dan sederhana. Informasikan soal warna yang tersedia dari produk yang anda jual, jumlah stok yang tersedia, ukuran yang tersedia. Misalnya, katalog produk anda menjual baju anak, anda perlu untuk memberikan informasi soal bahan yang digunakan, ukuran apa yang tersedia, warna apa yang bisa pelanggan anda pilih, dan berapa banyak jumlah stok yang tersedia. Jangan lupa untuk menyisipkan foto produk dengan kualitas yang bagus agar pelanggan anda bisa mengetahui bentuk nyata dari produk yang anda jual.

  1. Informasi mengenai metode pengiriman

Adanya pilihan informasi mengenai metode pengiriman yang bisa dipilih oleh pelanggan. Anda bisa memasukkan beragam pilihan metode pengiriman dari berbagai jasa pengiriman barang yang bisa dipilih pelanggan.

 

  Selain fitur dasar yang tadi sudah dijelaskan, anda juga bisa menyesuaikan fitur lain di website anda sesuai dengan kebutuhan. Breef mampu membawa website anda ke tingkat professional, fitur yang ada di atas atau fitur lain yang anda rasa perlu untuk kebutuhan perusahaan anda bisa saja di eksplorasi lebih lanjut. Kami percaya bahwa website memiliki kekuatan yang sangat powerful dalam membangun bisnis anda.